Menyambut 1 Muharram di Madiun

Hari ini madiun rame banget..... bukan karena ada festival atau ada pertunjukkan. tapi karena sudah adatnya klo menyambut 1 Muharram itu pasti rame banget. gak dari anak - anak muda sampe yang udah kakek2 pada heboh ngrayainnya. ada sekelompok orang yang katanya seh mereka menghormati leluhur ato apalah gitu. q juga kurang ngerti sich, pokoknya pada rame banget.

Setiap sudut kota pemandangannnya cuma orang - orang yang bergerombol naek sepeda motor n terkesan ugal - ugalkan gitu. polisi juga ada berjaga - jaga di setiap sudut kota, mencekam tapi rame, he.....33x. Kata orang - orang asli madiun, mang tradisi ini dah ada sejak dulu kala. Malahan dulu sering banget terjadi tawuran, penganiayaan di tengah jalan, perusakan rumah - rumah penduduk yang dilewati konvoi, dan semacamnya dech. tapi kerusuhan itu sekarang sudah berangsur - angsur berkurang. Yach meskipun masih ada, tapi volumenya gak separah dulu.

Sampai sekarang aku gak ngerti kenapa hal ini bisa ya terjadi di kota kecil yang tenang seperti madiun. bahkan orang - orang asli sini juga gak tahu sebabnya apa. Yang lebih bikin heran, yang lakuin konvoi yang kadang berakhir kerusuhan itu juga gak tahu kenapa mereka lakuin itu. Trus pertengkaran "kerusuhan" antar golongan dan kadang melukai pihak - pihak yang tidak tahu apa - apa ini cuma berlangsung selama bulan Muharram ( kalau dalam bahasa jawa namanya bulan Suro ). Selain bulan Muharram mereka hidup berdampingan dan baik - baik saja. Bahkan satu tempat kerja, satu sekolah, satu RT, satu RW, satu kelurahan.dan tidak ada masalah. It's Complicated ????????

Bulan "Suro" memang bulan yang aneh di kota madiun. kapan ya semua tragedi ini berakhir. Madiun bisa menjadi kota yang tentram sepanjang bulan. Semoga generasi muda madiun mengerti bahwa semua perbedaan tidak dijadikan alasan untuk saling bertengkar. 1 Muharram merupakan tahun baru islam yang harusnya diperingati dengan pemikiran panjang. berfikir apa yang telah dilakukan setahun lalu dan yang akan dilakukan tahun mendatang. Instropeksi diri mungkin kegiatan yang lebih tepat untuk memperingati tahun baru ini. bukan dengan hura - hura atau bahkan menggagu ketenangan dan ketentraman orang lain. bahkan kadang merusak tempat - tempat umum dan melukai orang yang tidak tahu - apa - apa.

Semoga semuanya bisa merenungkan..............!!!!!!!!!!!!!!




No comments:

Post a Comment